Air Putih Lebih Aman Untuk Minum Obat

Obat dapat digunakan untuk menentukan diagnosis, meredakan dan menyembuhkan keluhan, merawat kondisi tubuh, serta mencegah penyakit. Agar lebih efektif menyembuhkan penyakit, sebagian besar obat dianjurkan diminum dengan air putih.

Kebanyakan rasa obat memang pahit. Dan tidak semua orang menyukainya. Sehingga opsi untuk langsung minum obat dengan bantuan air putih disingkirkan. Sebagai gantinya obat ditelan dengan bantuan pisang atau dengan minuman yang manis seperti jus kemasan.

Sepintas terlihat bahwa tidak ada hal yang membahayakan dari kebiasaan ini. Namun tahukah Anda bahwa ada risiko kesehatan yang mengancam jika Anda minum obat dengan jus buah?

Sebuah penelitian yang dilansir dari situ indiatimes menemukan bahwa jika Anda minum obat dengan jus jeruk akan menimbulkan efek samping tak terduga seperti pendarahan di sistem pencernaan Anda.

"Saat tingginya kandungan asam di dalam jus jeruk bertemu dengan bahan kimia dari obat seperti aspirin atau obat anti inflamasi lainnya maka membuat usus dan lambung Anda mengeluarkan gas berlebih. Dan jika hal ini berlangsung lama, maka akan terjadi pendarahan di dalamnya," urai penelitian ini.

Untuk itulah maka disarankan untuk selalu minum obat dengan air putih yang tidak mengandung bahan apapun. Serta jangan lupa untuk selalu membaca petunjuk dan cara minum obat yang tepat.

sumber: merdeka.com

minum obaat sebaiknya dengan air putih
Jangan minum obat dengan susu, teh, kopi, soda, minuman energi, minuman beralkohol, bahkan jus buah atau sayur. Karena dapat mengubah sifat dan kerja obat di pencernaan. (foto:gambar.co)

Komentar