Hindari Depresi Dengan Konsumsi Makanan Sehat

Menurut sebuah penelitian dengan pola makan tidak makan daging olahan atau hanya mengurangi porsi daging olahan itu dapat mengurangi risiko depresi. Diet yang disebut dengan diet Mediterranean itu menekankan penambahan porsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan ikan.

Salah seorang peneliti asal Spanyol mengatakan bahwa orang-orang boleh makan apa saja, tapi harus menghindari memakan makanan cepat saji dan daging olahan.

Penelitian yang bermula 10 tahun silam meneliti 15.000 sukarelawan yang sebelumnya belum pernah depresi. Mereka dimintai keterangan mengenai kebiasaan makan mereka. Selanjutnya mereka diminta untuk banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan ikan, serta mengurangi makanan yang terbuat dari daging olahan.

Setelah penelitan berlangsung selama 8,5 tahun 1.550 sukarelawan terdianogsa mengalami depresi atau setidaknya pernah menggunakan obat anti-depresan.

Dari hasil itu para peneliti berkesimpulan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi makanan sehat atau diet Mediterranean lebih berisiko rendah mengalami depresi.

Walau tak ada hubungan yang pasti antara pola makan sehat dengan depresi, namun para peneliti berpendapat bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan sehat mendapat banyak asupan vitamin B, asam folat atau seng yang sangat penting untuk kesehatan otak. Sementara orang-orang yang tidak mengikuti pola makan sehat ini memiliki risiko lebih tinggi depresi karena gizi mereka yang kurang.

Sumber: foxnews.com

pola makan sehat hindari depresi
Diet mediterranean adalah salah satu cara diet modern yang menekankan pada pengurangan konsumsi daging, alkohol, dan susu. (foto:gurl.com)

Komentar