Wanita Lebih Mudah Depresi Ketimbang Pria

Dari total 7,3 miliar penduduk dunia 4,6% atau sekitar 340 juta di antaranya mengalami depresi. Dan berdasarkan sebuah penelitian, wanita yang mengalami depresi dua kali lebih banyak dibanding pria.

Walau riset itu hanya dilakukan kepada orang-orang Amerika Serikat namun para peneliti meyakini bahwa hal itu juga terjadi di seluruh negara lain.

Perubahan hormon yang terjadi pada wanita di saat mereka hamil, menopause, dan periode pra-menstruasi akan memicu perubahan kimia pada otak dan hal itu dapat menjadi pemicu depresi. Faktor-faktor itulah yang kemudian menyebabkan suasana hati terganggu.

Dari faktor sosial, wanita lebih merasa tertekan saat menghadapi situasi yang kurang baik, seperti kehilangan orang yang dicintai, atau hubungan yang rumit.

Tidak hanya itu, pelecehan seksual atau fisik juga lebih sering terjadi pada wanita dan hal ini juga dapat menjadi penyebab tingginya angka wanita yang mengalami depresi.

Wanita juga dianggap lebih sering mengutarakan tentang perasaan depresi daripada pria. Dan ketika wanita bermasalah dengan pasangannya pun, wanita cenderung mengalami depresi. Itulah alasan mengapa wanita lebih sering depresi dibandingkan pria.

sumber: kompas.com

lebih banyak wanita depresi dibanding pria
Faktor sosial juga menjadi peyebab lebih tingginya wanita mengalami depresi dibanding pria. Termasuk stres dari pekerjaan, tanggung jawab keluarga, peran dan harapan wanita dan peningkatan tingkat pelecehan seksual dan kemiskinan. (foto:arsip)

Komentar