Jalan Kaki, Aktivitas yang Paling Menyehatkan

Walaupun terlihat sebagai aktivitas yang sederhana, sebenarnya jalan kaki amat manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan menjadi cara yang efektif untuk mengontrol berat badan. Dilansir dari situs indiatimes, berikut adalah alasan kenapa Anda harus sering jalan kaki.

Mencegah Diabetes
Jalan kaki mampu mengatur kadar gula dalam darah Anda sehingga dapat menjaga tingkat insulin agar tetap rendah. Hanya dengan meluangkan waktu untuk jalan kaki selama 15 menit per hari, maka Anda dapat terhindar dari diabetes.

Menurunkan Berat Badan
Orang yang jarang jalan kaki lebih memiliki risiko obesitas yang lebih tinggi. Sebaliknya, saat meluangkan waktu hanya dengan jalan kaki sebanyak 30 menit per hari, maka Anda dapat membakar kalori sebanyak 150 kalori. Sedangkan risiko untuk terkena kematian dini berkurang sebesar 30 persen.

Menguatkan Jantung
Sebuah penelitian mendapati bahwa orang-orang yang rajin jalan kaki akan terhindar dari penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, hingga penyakit jantung koroner. Oleh karena itu jika ingin jantung Anda tetap sehat dan kuat, maka rajinlah untuk jalan kaki.

Menghindarkan dari Penyakit Kronis
Tanpa perlu olahraga yang berat, Anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit kronis hanya dengan jalan kaki. Bonusnya lagi, jalan kaki bisa dilakukan oleh siapapun dan kapanpun meskipun Anda sedang hamil, terkena nyeri ringan, atau mengalami kegemukan.

Mencegah Insomnia
Kabar baik bagi para penderita sulit tidur atau insomnia! Jalan kaki dapat mengatasi insomnia. Cobalah untuk lebih banyak jalan kaki. Sebab mengekspos tubuh dengan sinar matahari saat Anda jalan kaki, mampu membuat kadar hormon melatonin meningkat. Sehingga tidur pun lebih nyenyak.

Mengurangi Depresi
Saat Anda jalan kaki, maka tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang bisa membuat Anda merasa lebih baik dan bersemangat. Itulah sebabnya jalan kaki dapat menurunkan gejala depresi ringan meski Anda lakukan hanya 35 menit per hari.

Bila Anda beralasan tidak punya waktu untuk jalan kaki, cobalah untuk berkeliling di kantor Anda atau mengunjungi taman dekat kantor saat jam makan siang. Dan dapatkan banyak manfaat dengan jalan kaki.

sumber: merdeka.com

jalan kaki paling menyehatkan
Jalan kaki adalah olahraga paling menyehatkan dan sangat mudah dilakukan, hanya mengurangi pemakaian alat transportasi kita dapat memperoleh kesehatan yang lebih baik. (foto:gifbin.com)

Komentar