Rajin Berdoa Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Selain makan sehat, olahraga, dan istirahat untuk meningkatkan imunitas tubuh demi mencegah risiko ataupun mempercepat penyembuhan penyakit, termasuk Covid-19, berdoa juga menjadi salah satu yang dianjurkan.

Mungkin saja ini terdengar klise, akan tetapi peneliti kini sudah mulai melirik dan meneliti soal pengaruh doa untuk kesembuhan dan kesehatan.

Carol Kochon berdoa selama 42 hari saat suaminya, Rob, dirawat di rumah sakit karena Covid-19. Awalnya Rob didiagnosis menderita pneumonia ganda. Hari berikutnya dia dites dan dinyatakan positif covid-19.

Selama Rob dirawat, Carol merasa sendirian, sedih, khawatir, dan takut akan hal-hal yang tak diketahui. Dia pun mulai berdoa dan merenungkan isi Alkitab.

"Saya pikir itu menguatkan saya, menenangkan saya pada saat-saat ini. Mengingatkan saya bahwa bukan saya yang punya kuasa akan hal ini," ucapnya dikutip dari CNN.

"Saya benar-benar merasakan kedamaian dari Tuhan yang mengatakan pada saya bahwa saya tidak boleh khawatir akan masa depan. Saya biasanya seorang perencana, tapi saya tahu Tuhan punya rencana."

Rob dan Carol juga difasilitasi untuk kunjungan virtual, termasuk berdoa bersama. Rob akhirnya sembuh dan kembali ke rumah.

Keluarga Kochon bukan satu-satunya orang yang berdoa untuk kesembuhan pasien covid. Pada bulan Maret, Pusat Penelitian Pew melaporkan bahwa dalam survei, 55 persen orang dewasa AS mengatakan mereka telah berdoa untuk mengakhiri penyebaran virus corona.

"Orang sering beralih ke doa dalam situasi di mana mereka mengalami perasaan negatif yang hebat, seperti kemarahan, kesedihan atau ketakutan," kata Brad Bushman, seorang profesor komunikasi di The Ohio State University.

"Semua hal ini biasa terjadi selama pandemi. Orang juga berdoa ketika mereka merasa ada sesuatu yang di luar kendali mereka, dan mereka membutuhkan bantuan dari 'kekuatan yang lebih tinggi'."

Terlepas dari berapa banyak orang Amerika berdoa dan seberapa sering, penelitian ilmiah tentang manfaat kesehatan terbatas. Tetapi berdasarkan apa yang telah ditunjukkan ilmu pengetahuan, doa mungkin membantu mengurangi stres, kesepian, dan rasa takut.

Penelitian sebelumnya telah mengaitkan doa dengan perasaan tenang, damai, dorongan atau dukungan sosial.

"Kami sekarang cukup sadar bahwa pengalaman psikologis terkait erat dengan proses fisiologis penting, termasuk fungsi sistem kekebalan," kata Masters.

"Sejauh doa dapat memengaruhi proses psikologis yang kami miliki, berpotensi, penjelasan naturalistik tentang bagaimana doa dapat memengaruhi kesehatan."

Christina Puchalski, seorang profesor ilmu kedokteran dan kesehatan di The George Washington University dan direktur Institut Spiritualitas dan Kesehatan Universitas George Washington mengungkapkan orang berdoa karena beberapa alasan. Mereka berdoa untuk hasil tertentu; untuk berbagi kecemasan dan penderitaan mereka dalam konteks relasional; untuk menunjukkan rasa terima kasih; dan untuk mencerminkan, katanya.

Selain itu, doa dapat menumbuhkan rasa koneksi, apakah itu ke kekuatan yang lebih tinggi, apa yang seseorang anggap penting dalam kehidupan atau nilai-nilai mereka, kata Ryan Bremner, seorang profesor psikologi di University of St. Thomas di Minnesota.

Doa dapat mengurangi perasaan terisolasi, cemas, dan takut juga.

Sebuah studi tahun 2009 tentang efek doa pada depresi dan kecemasan menemukan bahwa anggota kelompok memiliki tingkat depresi dan kecemasan yang lebih rendah dan lebih optimis setelah sesi di mana mereka berdoa satu sama lain, dibandingkan dengan kelompok kontrol (yang tidak memiliki sesi doa ).

"Ada hubungan yang kuat antara religiusitas dan kesehatan serta kebahagiaan, tetapi mereka hanya diprediksi oleh kehadiran dalam pelayanan," kata Bremner.

Doa sulit dipelajari

Kevin Masters, seorang profesor psikologi kesehatan klinis di University of Colorado, Denver mengungkapkan bahwa mempelajari doa adalah hal yang menantang.

"Banyak ilmuwan sangat skeptis tentang sesuatu yang religius," katanya. Ada juga masalah yang harus diatasi selama belajar, katanya: Apa itu doa? Bisakah peneliti mengandalkan laporan diri? Akankah semua peserta melakukan hal yang sama dengan "doa," atau akankah beberapa orang memikirkan pikiran sementara yang lain secara formal berdoa? Jika para ilmuwan mempelajari doa di laboratorium, bagaimana mereka melakukan penelitian itu?"

Tidak banyak ahli tertarik untuk mempelajari doa untuk jangka panjang. Selain itu, para ilmuwan tidak dapat mempelajari Tuhan sebagai mekanisme seperti mereka meneliti obat baru atau teknik bedah - sehingga sulit untuk menemukan proses yang akan menjelaskan hasil apa pun.

"Sains adalah tentang menguji hubungan, proses dan mekanisme yang dapat diamati," kata Masters.

"Tetapi hampir secara definisi, doa, sebagaimana dioperasionalkan dalam studi-studi ini, melibatkan keterlibatan Tuhan atau makhluk yang lebih tinggi, sesuatu di luar batas-batas fenomena alam, tidak dapat benar-benar pelajari oleh sains.

Namun, sains dapat mempelajari hasil dari kepercayaan pada Tuhan daripada keberadaan - studi seperti itu mungkin bertanya apakah orang-orang yang sangat percaya pada Tuhan melaporkan kualitas hidup yang lebih baik daripada orang-orang yang tidak percaya pada Tuhan."

Sumber : cnn indonesia

Komentar