5 Kandungan Buah Nanas yang Baik Untuk Tubuh

Buah nanas tidak hanya manis dan lezat, ia juga menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk kita. Nanas sarat dengan vitamin C, B1 dan juga merupakan sumber mangan, tembaga, magnesium, potasium, beta-karoten, asam folat, dan serat. Dan berikut ini beberapa kegunaan kandungan gizi dalam nanas bagi kesehatan kita.

1. Vitamin
Vitamin C yang ada dalam buah nanas ini berfungsi untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit seperti pilek hingga kanker. Kulit dan selaput lendir memerlukan vitamin A untuk menghentikan virus dan bakteri yang memasuki tubuh.

Vitamin B umumnya dikenal sebagai thiamin. Vitamin ini bertanggung jawab untuk mengubah karbohidrat menjadi energi yang kita butuhkan sehari-hari. Sangat penting untuk sistem saraf dan fungsi otot.

2. Serat
Mengkonsumsi serat alami sangat efektif dalam mengurangi sembelit. Karena itu buah nanas juga mampu membersihkan racun dalam tubuh.

3. Mangan
Mangan yang merupakan mineral yang penting untuk pembentukan tulang yang baik dan membangun jaringan ikat yang kuat. Ini juga mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kesehatan kulit.

Mangan juga mengatur kadar gula darah dan bekerja dengan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Tubuh tidak dapat memproduksi mineral ini sendiri sehingga kita harus mencarinya dari makanan yang kita makan.

4. Sulfur
Salah satu mineral yang paling penting untuk kesehatan tubuh adalah sulfur. The Journal of Food Science menunjukkan bahwa ada senyawa volatil dalam sulfur yang terkandung dalam Nanas. Senyawa ini peran penting dalam komposisi protein untuk mempertahankan struktur dan integritas.

Rambut dan kuku terbuat dari keratin, yang membutuhkan protein yang kuat. Begitu juga jaringan ikat dan tulang rawan kita memerlukan sulfur untuk menguatkannya.

Kita mungkin tidak tahu bahwa belerang juga diperlukan untuk membantu tubuh dalam proses pencernaan.

Salah satu peran yang paling penting dari sulfur adalah untuk membantu tubuh membentuk antioksidan yang sangat penting yang disebut glutathione. Glutathione membantu vitamin E dan Vitamin C merevitalisasi proses detoksifikasi.

5. Bromelain
Bromelain pada nanas memiliki kemampuan untuk membantu keseimbangan tubuh dan menetralisir cairan sehingga itu tidak terlalu basa atau terlalu asam. Hal ini juga merangsang sekresi hormon dalam pankreas yang membantu pencernaan. Ia juga mampu membersihkan darah dengan membuang kotoran dan racun.

Bromelain membantu untuk memecah dan melarutkan lendir yang berlebihan, memberikan banyak bantuan untuk penderita asma, bronkitis, pneumonia dan sinusitis. Selain itu nanas juga secara signifikan mengurangi rasa sakit dan kemerahan pada tenggorokan.

Kandungan bromelain dalam nanas mampu mempercepat pemulihan cedera eksternal dengan mengurangi pembengkakan.

Sebuah penelitian pada hewan pada 1999 yang jurnalnya dipublikasikan dalam Planta Medica Journal menemukan bahwa enzim bromelian mempunyai potensi manfaat dalam mengobati kanker.

Penderita diabetes

Nanas sangat manis, bagi kita yang sehat hal itu tidak bermasalah. Akan tetapi, nanas seharusnya tidak dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes atau kadar gula darah rendah.

Jika penderita diabetes ingin menikmati manfaat dari buah nanas, sebaiknya nanas dijus dengan tambahan air secukupnya.

manfaat buah nanas
Buah yang berasal dari benua Amerika Latin ini sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. (foto:freakingnews.com)

Komentar