5 Manfaat Sehat Mengkonsumsi Pepaya Setiap Hari

Ilmu kedokteran dan dunia kosmetik telah banyak melakukan riset manfaat kesehatan dari pepaya. Buah yang paling sering ditemukan di negara-negara tropis ini merupakan salah satu makanan bergizi. Banyak ilmuwan menyebutkan bahwa pepaya sebagai buah yang harus dimakan setiap hari. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari mengkonsumsi pepaya.

1. Jantung
Penderita tekanan darah tinggi dan masalah jantung sangat perlu menerima asupan pepaya. Anti-oksidan dalam pepaya bertanggungjawab memecah kolesterol yang menyebabkan penimbunan plak pada dinding arteri.

2. Kulit
Pepaya yang terolah menjadi bahan kosmetik juga baik dalam menjaga kecantikan kita. Produk-produk seperti sabun pepaya, pelembab, dan krim adalah produk kosmetik yang sering dicari.

Pepaya matang mengandung vitamin C dan E, likopen dan beta karoten. Itu semua menjadi nutrisi bagi tubuh untuk memperlambat penuaan.

Selain menggunakan kosmetik berbahan pepaya, mengkonsumsi pepaya juga dapat memperlambat matinya sel-sel tubuh serta mencegah jerawat.

3. Mata
Beta-karoten dalam kandungan buah pepaya dapat berkonversi menjadi vitamin A. Selain itu, zeaxanthin dalam pepaya dapat melindungi mata dari kerusakan akibat cahaya energi tinggi. Kebutaan yang terjadi pada orang-orang tua juga dapat dicegah dengan zat zeaxanthin ini.

Jumlah yang cukup dari zeaxanthin juga dapat berfungsi dalam memerangi glaukoma, komplikasi mata kronis, dan memperlambat katarak.

4. Pencernaan
Protein yang tercerna selain dapat menyebabkan kenaikan berat badan juga terjadi perut kembung dan infeksi di usus. Oleh karena itu protein harus dipecah agar tidak menyebabkan hal-hal tersebut.

Makan pepaya, terutama pepaya hijau, adalah cara yang ampuh menurunkan berat badan. Enzim yang terkandung di dalamnya mampu memecah protein menjadi asam amino, begitu pula halnya dengan lemak.

5. Penghilang Racun
Pepaya dianggap sebagai suplemen terbaik dam teh sebagai alat penghilang racun dari tubuh. Sisa-sisa cairan, lemak jenuh serta racun akan terikat oleh anti-oksidan dan segera dikeluarkan dari dalam tubuh.

Khasiat sebagai pembersihan ini adalah salah satu manfaat kesehatan terbaik dari pepaya karena mencegah banyak serangan penyakit dengan meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan menjaga berat badan.

Daun pepaya

Sebuah studi yang dilakukan di Institut Ilmu Kedokteran di Universitas Tokyo, Jepang, melaporkan bahwa larutan ekstrak daun pepaya memiliki kemampuan signifikan dalam mencegah pertumbuhan sel tumor.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya bermanfaat untuk pengobatan dan pencegahan penyakit, seperti kanker, berbagai gangguan alergi, dan juga dapat berfungsi sebagai bahan pembantu imun untuk terapi vaksin.

manfaat buah pepaya
Sedikitnya ada 5 manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi buah pepaya. (foto:penulis)

Komentar