8 Manfaat Sehat Mengkonsumsi Buah Apel

Manfaat buah apel untuk sering diabaikan. Sebenarnya Apel adalah pilihan yang sehat dan sumber nutrisi yang baik untuk menjaga kondisi tubuh kita. Terdapat sedikitnya delapan manfaat baik mengkonsumsi apel.

1. Memperkecil Risiko Kanker
Pada tahun 2004, sebuah penelitian menemukan bahan kimia tertentu dalam apel yang dapat membantu mencegah kanker usus besar. Sementara itu, sebuah penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2007 menemukan bahwa apel mengandung senyawa yang disebut triterpenoid, yang efektif dalam memerangi kanker usus besar, kanker paru-paru dan kanker hati.

2. Membuat Kita Kenyang
Serat dalam buah apel dapat lebih lama berada di dalam tubuh kita daripada gula atau biji-bijian. Karena itu, apel dapat membantu kita terhindar dari keinginan ngemil.

3. Menghindari Diabetes
Anthocayans adalah sejenis antioksidan yang ditemukan dalam apel, blueberry dan pir. Nutrisi ini, dalam penelitian baru-baru ini, diketahui dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya diabetes tipe 2.

4. Mengontrol Berat Badan
Kulit apel kaya akan serat yang membantu metabolisme. Selain itu, kandungan asam ursolat dipercaya dapat menurunkan obesitas dengan meningkatkan kalori yang dibakar oleh asam.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Vitamin C yang terkandung dalam buah apel tak sebanyak pada jeruk, namun vitamin C dalam apel masih cukup banyak untuk membantu kita mempertahankan daya tahan tubuh. Sebuah apel berukuran sedang dapat memenuhi 14 persen kebutuhan vitamin C harian kita.

6. Meningkatkan Kekuatan Otak
Apel kaya antioksidan, yang dapat meningkatkan produksi asetilkolin. Ini merangsang komunikasi antara sel-sel saraf dan dapat membantu meningkatkan memori serta menurunkan kemungkinan berkembangnya Alzheimer.

7. Menjaga Sistem Pernapasan
Salah satu antioksidan yang ditemukan dalam apel disebut quercetin, yang telah dikaitkan dengan rendahnya risiko masalah pernapasan. Satu studi pada 2007 menemukan bahwa wanita yang makan apel memiliki lebih sedikit berpeluang memiliki anak dengan penyakit asma.

8. Menurunkan Kolesterol
Salah satu serat apel disebut pektin, serat larut yang menghambat penyerapan kolesterol. Pektin memungkinkan tubuh untuk menggunakan kolesterol daripada menyimpannya dalam tubuh.

manfaat buah apel
Dibandingkan dengan buah lainnya dan sayuran, apel mengandung vitamin C yang tidak seberapa, tetapi kaya dengan senyawa antioksidan lainnya. (foto:funny-pixel.com)

Komentar