Bagaimana Cara Meningkatkan Memori Otak?

Menurut direktur Memory & Aging Research Center di UCLA, Gary Small, MD, kemajuan teknologi merupakan salah satu faktor yang membuat daya ingat kita kurang terlatih.

Kita terbiasa mencatat semua data ke dalam komputer/laptop, smart phone, dan produk berteknologi lainnya. Untuk mengingatnya kita tinggal mencari data dengan meng-klik tombol search pada peralatan tersebut.

Terkadang kita tidak merasa adanya masalah dengan memori otak kita. Namun pada kenyataannya kita sering terdiam sebentar hanya untuk mengingat pin ATM saat akan menggunakan mesin ATM. Bahkan kita bisa lupa pada hal yang paling sepele, lupa tempat menaruh kunci.

"Untuk melatih kembali memori kerja otak kita hanya membutuhkan aktifitas yang membutuhkan perhatian dan konsentrasi." saran Gary Small, MD, yang ahli dalam alzheimer, memori, dan penuaan.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih peningkatan memori otak menurut para ahli ;

1. Olahraga
Olahraga ringan seperti jalan-jalan dapat meningkatkan volume ingatan dan konsentrasi. Demikian juga dengan permainan kecil yang melatih pikiran seperti teka-teki silang atau game di komputer yang bersifat me-refresh tapi juga masih memerlukan koneksi dengan otak.

2. Makanan
Makanan ibarat motor untuk meningkatkan daya ingat. Jenis makanan yang baik untuk jantung sangat baik juga untuk otak. Jenis makanan tersebut antara lain; Ikan dan buah-buahan. Menurut Jim Joseph, Ph.D, direktur laboratorium ilmu saraf di pusat gizi Tufts University, ikan, termasuk sarden dan salmon, banyak mengandung omega 3. Dan buah-buahan antioksidan seperti buah keluarga berry juga melindungi sel otak.

3. Konsentrasi
Saat kita berkenalan dan dalam beberapa detik saja kita lupa nama orang tersebut. Tetapi kita dapat mengingat tempat tinggal, pekerjaan, dan sedikit cerita mengenai orang tersebut. Seorang neuropsikolog menjelaskan bahwa hal ini sangat wajar karena memori kita memang lebih dapat mengingat informasi yang paling baru. Untuk dapat mengingat,latih dengan memusatkan perhatian dan memfokuskan perhatian terhadap semua hal yang terjadi secara detail.

4. Tenang
Saat berada dalam situasi cemas, dapat dipastikan memori dalam otak otomatis akan menghilang beberapa saat. Sekeras apapun usaha untuk mengingatnya, hasilnya akan tetap nihil. Ketika mengalami hal genting, cobalah menenangkan diri sejenak dengan menarik napas dalam-dalam. Cara pernapasan seperti ini dapat menenangkan diri.

5. Tidur
Studi di Harvard Medical School menunjukkan bahwa ketika orang diberi daftar kata-kata acak untuk menghafal, mereka yang kemudian tidur akan mengingat lebih banyak kata setelahnya dibandingkan mereka yang diuji tanpa kesempatan untuk mengistirahatkan otak.

6. Meringkas informasi
Memori otak hanya dapat memproses informasi dalam kapasitas tertentu dalam waktu yang bersamaan. Karenanya, kita harus dapat meringkas sebuah informasi. Ketika kita membutuhkan, baru kemudian me-recall dan mengembangkannya sendiri. Misalnya saat menghafal nomor telepon 5479 kita akan mudah mengingatnya dengan 54 79. Atau saat akan belanja bahan dapur untuk sarapan seperti; nasi, daging, dan yang lainnya. Kita cukup meringkasnya menjadi satu kata; "sarapan".

7. Mengulang informasi
Jika kita merasa lemah dalam ingatan, biasakan untuk mengulangnya. Misalnya menyebut kembali nama kenalan. Untuk kegiatan sehari-hari, kita bisa menjadikannya sebagai rutinitas, misalnya setelah masuk rumah biasakan untuk mengunci pintu kembali. Atau selalu meletakkan kacamata di tempat yang sama, mudah diingat.

Peter Snyder, Ph.D, profesor klinis ilmu saraf di Warren Alpert School of Medicine Brown University menjelaskan bahwa sel-sel baru akan membangun cadangan kognitif yang penting untuk menciptakan memori baru dan dapat melindungi memori lama.

Sudah ingat apa yang barusan Anda baca ?

melatih otak
Ketajaman dan kecerdasan otak akan meningkat jika kita melatihnya secara rutin. (foto:afuntab.com)

Komentar