Kualitas Tidur jadi Baik dengan Menghindari Makan Sebelum Tidur

Sulit tidur atau insomnia dapat dipengaruhi oleh apa yang kita makan sebelum tidur. Susu hangat dan teh dapat membantu kita lelap tertidur. Beberapa jenis makanan lainnya membuat seseorang menjadi sulit untuk tidur.

Menurut Kelly Glazer Baron PhD., seorang peneliti tidur daninstruktur neurologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine, Chicago, Amerika Serikat, makanan dapat membantu atau mempersulit seseorang tidur.

Walau insomnia tidak dapat disembuhkan dengan jenis makanan dan minuman tertentu, namun ada baiknya kita menghindari mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman sebelum tidur yang dapat mempersulit tidur.

1. Kopi
Menurut Baron hindari minum kopi di sore dan di malam hari agar kandungan kafein dalam tubuh tidak melekat. Kopi sebaiknya hanya diminum pada sore hari saja.

2. Cokelat
Cokelat hitam juga mengandung kafein. Jenis makanan dan minuman ini sebaiknya dikonsumsi dengan kuantitas minim bersama susu.

3. Alkohol
Alkohol diyakini Baron sebagai obat tidur. Namun, ia menambahkan, alkohol hanya membuat seseorang dapat tertidur namun tidak membuatnya dapat lelap dalam tidur. Biasanya mimpi buruk akan muncul pada tahap kedua dalam tidur. Ini tentu saja sangat membuat tidur menjadi tidak berkualitas.

4. Makanan Berlemak
Pada penelitian tahun 2012 lalu ditemukan lemak membuat orang yang mengalami obesitas selalu ngantuk pada siang hari. Baron mengatakan, makanan berlemak juga dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman. Perasaan ini tentunya akan membuat sulit tidur.

5. Bistik
Protein dalam bistik sangat sulit dicerna, sementara tubuh manusia tidak dirancang untuk mencerna makanan saat tertidur.

6. Makanan Pedas
Perubahan suhu tubuh akibat makanan pedas dapat mengacaukan otak. Akibatnya otak menangkap signal berada di siang hari walau sebenarnya sudah larut malam.

7. Jeruk Bali
Zat asam pada buah jeruk dapat menyebabkan rasa mulas namun tidak membuat sulit tidur. Namun zat asam tersebut dapat membuat seseorang terjaga di tengah malam.

8. Air
Baron menyarankan untuk tidak minum air putih ataupun memakan makanan yang mengandung kadar air tinggi dua jam menjelang tidur. Ini tidak berarti air akan berefek sulit tidur namun hanya agar tidak terbangun di tengah mimpi hanya untuk pergi ke toilet.

Dengan beberapa petunjuk dari Kelly Glazer Baron PhD. yang diterbitkan Huffingtonpost Selasa (26/2/2013) ini dapat membantu orang-orang terutama para penderita insomia untuk lebih mudah tertidur.

kualitas tidur
Hindari minum air putih sebelum tidur, terlebih lagi minuman beralkohol.

Komentar