Konsumsi Pisang Dapat Cegah Stroke

Banyak masyarakat kita yang mengkonsumsi pisang sebagai pencuci mulut setelah makan.Tanpa disadari ternyata pisang sangat bermanfaat bagi kita untuk menghindari stroke.

Mengkonsumsi pisang menurut para peneliti dapat membuat seseorang terhindar dari resiko stroke karena pisang kaya akan kalium yang berfungsi membantu menurunkan tekanan darah.

Tentunya ini harus dibarengi dengan menghilangkan kebiasaan melahap makanan ringan, seperti keripik, yang mengandung banyak garam.

Sebuah hasil studi yang dirilis pada situs bmj itu mengungkapkan bahwa orang dengan asupan kalium yang tinggi memiliki 24 persen lebih sedikit terserang stroke.

Penelitian sebelumnya mengatakan bahwa ginjal orang yang lebih tua tidak akan mampu menghilangkan kalium dalam darah mereka. Tetapi penelitian terbaru ini mengungkapkan bahwa kekhawatiran tersebut tidak beralasan. Kalium ternyata tidak berpengaruh negatif terhadap fungsi ginjal.

Para peneliti mengatakan ada 'bukti berkualitas tinggi' bahwa orang dengan tekanan darah tinggi membaik ketika mereka meningkatkan asupan kalium.

Mereka menganalisis lebih dari 128.000 orang dalam 33 uji coba dan menghasilkan bahwa mengkonsumsi lebih banyak mineral, antara lain dengan mengkonsumsi pisang 'berpotensi positif bagi kebanyakan orang'.

Pisang mengandung sekitar 420 mg kalium, atau sekitar 12 persen dari asupan kalium harian orang dewasa. Ada sekitar 53.000 kematian di Inggris setiap tahun akibat stroke, dengan lebih 100.000 korban selamat dengan beberapa diantaranya mengalami cacat berat.

Studi lain menemukan sedikit mengurangi asupan garam selama empat minggu atau lebih menyebabkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah sehingga mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Dr Clare Walton dari Asosiasi Stroke di Inggris mengatakan diet yang sehat merupakan bagian penting dari pengelolaan risiko stroke.

Ia mengemukakan, “tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko terbesar stroke. Membuat perubahan pola makan Anda dapat mengontrol tekanan darah. Penelitian ini menunjukkan bahwa mengurangi asupan garam dan makan makanan kaya kalium seperti pisang dan bayam bisa menurunkan risiko stroke.”

Sementara pihak Departemen Kesehatan Inggris menyarankan agar orang tua tidak mengkonsumsi suplemen kalium terkecuali disarankan oleh dokter.

pisang
Kita dapat menghindari resiko stroke karena pisang kaya akan kalium yang berfungsi membantu menurunkan tekanan darah. (foto:umbrelr.com)

Komentar