Lemak Dalam ASI Membantu Pertumbuhan Bayi Prematur

Pada sebuah penelitian, para peneliti mencari cara untuk mengoptimalkan pertumbuhan pada bayi yang lahir prematur yang sangat kecil. Bayi-bayi itu hanya memiliki berat badan antara 750 dan 1.250 gram. Mereka sangat membutuhkan tambahan kalori.

Karena bayi sudah menerima cukup protein dari fortifier, cara lain untuk membantu mereka tumbuh adalah dengan memberi mereka lemak. Salah satu produk sampingan dari pasteurisasi susu donor adalah lemak susu, juga disebut sebagai suplemen krim.

Dalam studi ini, peneliti membandingkan hasil pertumbuhan bayi yang menerima diet ASI eksklusif dan suplemen krim untuk bayi dengan bayi yang hanya menerima asupan ASI. Mereka menemukan bahwa bayi dalam kelompok krim memiliki hasil pertumbuhan yang lebih baik dalam hal berat badan dan panjang daripada bayi pada kelompok lainnya.

"Ini adalah cara alami untuk memberi mereka lemak. Sebelumnya, kita akan menambahkan minyak atau susu formula untuk membantu bayi prematur tumbuh, tapi kita sekarang dapat menggunakan sumber alami dari susu donor," kata Dr Amy Hair, asisten profesor pediatri di Baylor, neonatologis di Rumah Sakit Anak Texas dan penulis pertama penelitian tersebut.

Dr Hair mencatat bahwa karena pertumbuhan itu baik dalam berat dan panjang, pertumbuhan ini kemungkinan massa ramping, yang terdiri dari pertumbuhan tulang dan otot.

"Anda ingin melihat bayi yang tumbuh di pada berat dan panjang," kata Dr Hair.

Dia juga mencatat bahwa volume susu yang diberikan kepada bayi-bayi ini tidak dapat membantu mereka tumbuh karena lambung dan usus mereka hanya dapat mentolerir sejumlah disusui.

"Anda tidak bisa memberi mereka volume susu lebih banyak. Terutama jika mereka memiliki masalah paru-paru, mereka harus mendapatkan volume tertentu susu. Ini adalah cara untuk menambah kalori tetapi tidak mengubah volume susu," katanya.

Sejak November 2013, NICU di Rumah Sakit Texas Children telah berubah protokol untuk menambahkan suplemen krim ini ke diet bayi yang beratnya kurang dari 1.500 gram.

"Ini juga menekankan pentingnya menyumbangkan ASI berlebih bahwa bayi Anda tidak perlu ke bank susu. Ini dapat membantu menyehatkan terkecil dan bayi paling rentan," kata Dr Hair.

Rumah sakit Anak Texas adalah rumah sakit pertama di dunia untuk menambahkan krim berbahan dasar susu untuk makanan bayi berat lahir sangat rendah.

Selain menambahkan krim untuk makanan bayi prematur, sejak 2009, Rumah sakit Anak Texas telah secara signifikan mengurangi tingkat atas necrotizing enterocolitis, salah satu penyakit yang paling merusak dan berpotensi fatal neonatus dapat menghadapi, dengan menerapkan protokol makan susu manusia untuk semua bayi dengan berat kurang dari 3,3 kilogram.

"Mengupayakan Rumah Sakit Anak Texas untuk menjadi pemimpin dalam mengkonsumsi ASI, karena kita tahu itu berhasil," kata Dr Hair.

Komentar