Menjaga Kesehatan Alat Kelamin

menjaga kebersihan alat kelamin berlaku untuk pria dan wanita. Kebersihan alat kelamin adalah istilah yang luas yang mencakup beberapa faktor perilaku dan kebiasaan yang diperlukan untuk pemeliharaan kesehatan fisik dan seksual secara keseluruhan.

Selain mengurangi risiko penyakit menular seperti HIV, Hepatitis B dan C, kebersihan alat kelamin yang optimal juga mengurangi risiko infeksi menular seksual seperti gonore, chlamydia, HPV dan penyakit sejenis lainnya.

1. Usahakan untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin pada alat kelamin.

2. Bagi para wanita yang sedang menstruasi/haid untuk jangan malas mengganti pembalut karena ketika menstruasi kuman-kuman mudah untuk masuk. Usahakan untuk mengganti setiap 4 jam sekali, 2-3 kali sehari, atau ketika sudah merasa tidak nyaman.

3. jangan menyemprot minyak wangi ke dalam alat kelamin.

4. Jangan menggunakan celana dalam dan celana yang ketat.

5. Sering mencuci tangan terutama setelah menggunakan toilet agar dapat mengurangi risiko semua penyakit menular.

6. Jika Anda atau pasangan Anda sedang menderita infeksi alat kelamin, hubungan intim harus dihindari sampai infeksi benar-benar sembuh.

7. Hindari hubungan intim dengan yang bukan pasangan kita.

8. Pakaian dalam dan handuk harus dicuci secara terpisah. Dalam sehari, minimal mengganti pakaian dalam sebanyak dua kali untuk menjaga kebersihan.

9. Mencuci setelah buang air besar atau buang air kecil dapat membantu dalam mengurangi risiko kontaminasi bakteri. Daerah kemaluan harus dibersihkan dari depan ke belakang untuk mengurangi risiko kontaminasi tinja ke alat kelamin wanita.

alat kelamin
Membersihkan alat kelamin setelah buang air kecil dapat memperkecil risiko masuknya bakteri. (foto:funnypicturesandjokes.com)

Komentar