Meredakan Stres Dengan 10 Cara Sederhana

Banyak yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres karena pada dasarnya penanganan stres antara satu individu dengan yang lain dapat berbeda. Semua terkait bagaimana kita membuat diri kita serileks mungkin.

Situs Wonder How To menyarankan mengatasi stres dengan beberapa cara yang amat sederhana dan sangat mudah dilakukan. Menurut situs ini minum jus jeruk, memijat ringan telinga, atau bermain Lego dan teka-teki bersama-sama dapat meredakan stres yang sedang melanda pikiran.

Berikut sepuluh cara sederhana meredakan stres;

1. Jus Jeruk
Vitamin C yang terdapat pada jeruk dapat meredakan stres sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

2. Pijat Telinga
Setelah memijat ringan telinga kita akan dapat merasakan kenyamanan dalam pikiran. Lama-kelamaan rasa nyaman itu akan menggantikan rasa gelisah yang ada pada pikiran kita.

3. Bermain Mainan Anak-anak
Kembalilah menjadi anak kecil. Buang pikiran-pikiran, impian, dan segala sesuatu yang biasa ada pada diri kita, orang dewasa, untuk beberapa jam ke depan. Bermainlah seperti anak-anak yang selalu ceria.

4. Hening
Dengan merasakan keheningan pikiran akan menjadi tenang dan dengan segera stres akan mereda.

5. Membawa Batu
Saat stres cari sebuah batu yang bertekstur halus dan berukuran sesuai gengaman kita. Lalu bayangkan stres dalam pikiran kita beralih dengan pelan ke batu itu.

6. Tertawa
Tak perlu mencari alasan dan sumber untuk ditertawakan, tapi tertawalah saja.

7. Ubah Pikiran
Jangan berpikir "saya harus mengerjakan ini," atau "saya harus mendapatkan ini," tapi berpikirlah "saya pasti bisa mengerjakan ini," dan "saya pasti bisa mendapatkan ini."

8. Tempat Asing
Kunjungi sebuah tempat yang sebelumnya hanya kita dengar atau ketahui namun belum pernah kita kunjungi.

9. Bersih-bersih
Kekacauan biasanya menyebabkan stres. Luangkan beberapa saat untuk membersihkan lingkungan sekitar kita.

10. Makan
Biasanya stres dipicu oleh keterburu-buruan untuk mencapai atau mengerjakan sesuatu. Tenangkan pikiran dengan makan sepelan mungkin. Kunyahlah dengan pelan karena itu juga akan berefek baik bagi pencernaan kita.

Bagaimana, gampang bukan mengatasi stres? Semua yang dilakukan adalah mengalihkan dan menangkan pikiran dengan membuat diri senyaman mungkin. Ada saran lain untuk atasi stres?

senyum sehat
Hanya  dengan tersenyum dan tertawa kita akan mampu meringankan pikiran yang sedang stres. (foto:penulis)

Komentar