Mimum Kopi Menyebabkan Kebutaan ?

Menurut sebuah studi baru, minum lebih dari tiga cangkir kopi per hari telah terbukti berkorelasi dengan peningkatan risiko glaukoma, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan atau kebutaan.

"Sementara kopi berkafein memiliki beberapa manfaat kesehatan, minum tiga atau lebih cangkir kopi berkafein ditemukan terkait dengan berkembangnya peningkatan risiko pengelupasan kulit glaukoma, khususnya di antara mereka yang memiliki riwayat keluarga glaukoma." kata pemimpin peneliti Jae Hee Kang kepada majalah Health.

Sementara kopi telah selama beberapa waktu telah dikenal menjadi masalah bagi penderita glaukoma karena fakta bahwa hal itu dapat meningkatkan tekanan di dalam bola mata, Kang menegaskan bahwa kopi dapat dihubungkan dengan jenis tertentu dari penyakit merusak penglihatan: pengelupasan kulit glaukoma. Sindrom ini terjadi ketika materi lensa mata terkikis, yang kemudian menyumbat cairan bola mata, yang mengarah ke tekanan tinggi antar-okular (TIO), yang berujung meningkatkan risiko glaukoma.

Hasil penelitian Kang dan timnya diterbitkan dalam Investigative Ophthalmology & Visual Science, hasilnya terdiri dari data survei dari dua studi, pertama dengan melibatkan 78.977 wanita dan yang kedua melibatkan 41.202 laki-laki. Temuannya tidak konklusif dalam arti sebab-akibat, akan tetapi, korelasi bukanlah penyebab, dan statistik penting temuannya dinilai Kang lemah.

Kang mengatakan, timnya tidak menemukan bahwa mereka yang minum tiga atau lebih cangkir kopi berkafein dalam sehari hari memiliki insiden pengelupasan kulit glaukoma dibanding mereka yang tidak menerima asupan kopi.

Meskipun hasil dari lapisan zat besi kurang, studi ini menyimpulkan bahwa "Kami mengamati hubungan positif antara konsumsi kopi dengan risiko yang lebih lebih berat (pengelupasan kulit glaukoma atau penyebab pengelupasan kulit glaukoma) dalam studi prospektif besar."

Sebuah tim medis profesional yang tidak yakin. Mengacu pada sumber Kang memperoleh data, profesor ophthalmology Alfred Sommer dari Johns Hopkins University mengatakan kepada Health, "Kedua penelitian telah menghasilkan ribuan artikel, hampir semua tak bernilai."

Menurut Sommer, studi ini kehilangan informasi yang menjadi pertimbangkan yang dapat mempengaruhi kesimpulan yang bisa diambil dari penelitian mereka.

"Yang membuat persoalan menjadi lebih buruk," tambahnya, "kesimpulan pada studi (Kang) bahkan tidak mencapai statistik penting."

Penjelasan Sommer yang cukup penting adalah jika Anda memiliki riwayat keluarga glaukoma dan Anda tidak terlalu beruntung, Anda mungkin berpikir panjang saat akan mengkonsumsi kopi.

kebutaan
Minum lebih dari tiga cangkir kopi per hari telah terbukti berkorelasi dengan peningkatan risiko glaukoma, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan atau kebutaan. (foto:toonpool.com)

Komentar