Tip Agar Tidur Berkualitas

Berapa usia Anda? 30 tahun? Berarti Anda telah menghabiskan 10 tahun hanya untuk tidur. Tanpa disadari kita menghabiskan sepertiga waktu hidup kita untuk tidur. Mungkin saja tidur terdengar seperti kegiatan yang tak berguna tetapi tidur yang nyenyak -tidur berkualitas- sangat penting untuk kesehatan kita.

Bila kita memiliki pola tidur yang tidak baik -kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk- maka kita beresiko berurusan dengan berbagai penyakit, antara lain nyeri otot, obesitas, penurunan kekebalan tubuh hingga serangan jantung. Untuk memperoleh tidur yang berkuaitas berikut ini beberapa tip yang dikutip dari situs sleepfoundation dan huffingtonpost.

Kegiatan Di Dalam Kamar Tidur
Kamar tidur kita sudah seharusnya hanya tersedia untuk tidur. Jika kita juga melakukan hal-hal rutin yang dapat memusingkan pikiran, kita akan kekurangan rasa santai dan rileks untuk memulai tidur.

Suasana Di Kamar Tidur
Kamar tidur harus memiliki suhu yang nyaman, gelap, tenang saat kita hendak tidur. Selain suasana kamar tidur harus dapat menciptakan suasana santai dan rileks, suasana dalam diri kita saat akan memulai tidur juga harus tenang.

Waktu Tidur
Membiasakan tidur di waktu yang sama setiap hari akan kita lebih mudah tidur dengan nyenyak setiap malam. Usahakan kita menjadwalkan tidur delapan jam setiap hari.

Olahraga
Salah satu manfaat rutin berolahraga adalah memperindah tidur. Olahraga yang dilakukan dua jam sebelum tidur juga sangat baik dalam menjaga kualitas tidur, namun yang perlu diingat adalah saat berolahraga jangan membebani pikiran dengan hal-hal yang rumit.

Kafein dan Alkohol
Secangkir kopi sebelum tidur dapat mendatangkan malapetaka pada rutinitas tidur. Begitu juga halnya dengan minuman beralkohol. Minuman beralkohol dapat membuat kita cepat terlelap namun saat kadar alkohol dalam darah menurun sering membangunkan kita dari tidur. Usahakan hanya mengkonsumsi kopi dan minuman beralkohol 4 sampai 6 jam sebelum tidur.

Makan
Makan, terutama makanan berat, sebelum tidur sangat tidak baik bagi metabolisme dan juga mengganggu tidur kita. Makanan ringan boleh kita konsumsi sedikit untuk menghibur mulut kita. Usahakan hindari makanan yang pedas.

Tidur Siang
Tidur siang dapat membantu kita tidur pulas di malam hari, namun itu berlaku jika kita tidur siang hanya sekejap. Saat kita lupa diri dan tidur siang yang panjang maka hal itu akan membuat kita kesulitan tidur pada malam harinya.


Tidur Berkualitas

Untuk dapat tidur berkualitas ada baiknya kita memperhatikan apa yang akan kita makan sebelum tidur. (foto:funnyjunksite.com)

Komentar