Tomat Tomat Tomat, Buah Tomat Berguna

Ada yang muda. Ada pula yang tua.
Yang muda hijau. Yang tua merah.
Tomat, tomat, tomat.
Itulah namanya. Buah tomat berguna.
Tomat, tomat, tomat.
Itulah namanya. Buah tomat berguna.

Seperti lirik lagu anak-anak Buah Tomat di atas, buah tomat amat berguna bagi kita dalam menjaga kesehatan maupun mempercantik diri. Zat likopen dalam tomat berfungsi sebagai antioksidan, dan ini dapat menjaga kualitas kulit kita.

Dengan mengkonsumsi sedikitnya 16 mg likopen sehari akan membuat kita lebih awet muda dan lebih cantik. Antioksidan dalam tomat ini dapat memerangi kerusakan sel pada tubuh kita. Selain itu masih banyak manfaat yang kita dapat dari buah merah ini.

Manfaat Tomat untuk kesehatan Tomat merupakan sumber Vitamin A, C, dan K, serta nutrisi seperti kalium, mangan, fosfor, dan kalsium. Vitamin dan nutrisi membantu membentuk tulang kuat, mengatur tekanan darah, dan memperkuat sistem daya tahan tubuh.

Mencegah Kanker
Antioksidan, antara lain likopen, dalam tomat bermanfaat mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar, prostat, payudara, paru-paru, dan pankreas.

Sebuah tim peneliti dari Harvard School of Health pada tahun 1999 menemukan bahwa likopen adalah zat pencegah atau inhibitor yang baik terhadap kanker, penyakit-penyakit gangguan jantung, dan proses penuaan.

Edward Giovannucci, pimpinan tim peneliti ini, menggarisbawahi bahwa saus tomat, yang diolah dengan benar, merupakan sumber likopen terbanyak. Studi ini juga menemukan bahwa konsumsi tomat berhasil menurunkan 35 persen kasus kanker prostat pada pria dan memiliki dampak yang signifikan dalam menghambat penyebaran kanker yang sudah ada.

Hasil penelitian yang dituangkan dalam The Journal of Agricultural and Food Chemistry mempelajari 13 kecap saus yang berbeda, saus tomat organik memiliki konsentrasi likopen tertinggi, karena itu lebih efektif dalam memerangi kanker.

Baik untuk kesehatan mata Antioksidan lain dalam buah tomat, Zeaxanthin, membantu dalam menghambat degenerasi makula dengan menyaring sinar ultra-violet.

Menjaga Kulit
Untuk mempercantik kulit, situs NaturalNews melaporkan bahwa makan pasta tomat setara dengan menggunakan tabir surya tingkat rendah. Likopen membantu dalam menghalau radiasi berbahaya dari sinar ultra-violet yang menjadi kontributor penyakit kanker dan proses penuaan.

Penyembuhan Jerawat
Keasaman dalam tomat membantu mengurangi dan membersihkan jerawat. Vitamin A dan C biasanya ditemukan dalam banyak obat jerawat dan tomat buah yang kaya vitamin -vitamin itu. Jika berjerawat ringan, potong tomat menjadi dua bagian dan usapkan pada wajah. Untuk jerawat parah oleskan buah tomat segar yang telah ditumbuk pada wajah. Biarkan selama satu jam. Bilas dan keringkan. Lakukan ini secara teratur atau sesering mungkin.

buah tomat
Bauh tomat selain berguna untuk menjaga kesehatan juga dapat membantu kita mempercantik diri. (foto:freakingnews.com)

Komentar