Pentingnya Sarapan Sebelum Berolahraga

Sarapan adalah hal penting bagi kita sebelum memulai aktivitas sehari-hari karena dengan sarapan kita akan memperoleh gizi yang diperlukan tubuh. Olahraga pagi juga termasuk salah satu kegiatan yang harus dimulai setelah sarapan.

"Usahakan Anda makan sebelum olahraga karena makanan adalah sumber energi untuk Anda. Sebaiknya, pilih makanan yang mengandung sedikit serat dan mengandung banyak protein dan karbohidrat," terang ahli diet olahraga, Rick Miller.

Ia mencontohkan, Anda bisa saja mengasup corn flakes dengan susu rendah lemak, yoghurt dan pisang, biskuit, atau roti. Usahakan, jangan mengasup makanan 'berat' seperti nasi, mi, atau pasta.

Dikutip dari laman Rick Miller Clinical and Sports Dietitian, Sabtu (20/9/2014), Rick mengatakan memang idealnya Anda baru bisa berolahraga 2-3 jam setelah mengonsumsi makanan lengkap agar bisa dicerna dengan baik. Tentunya, hal itu tak mungkin Anda lakukan jika akan berolahraga di pagi hari bukan?

"Intinya jangan biarkan perut Anda kosong saat beraktivitas, termasuk ketika berolahraga. Jika waktu makan terlalu dekat dengan waktu olahraga, cobalah konsumsi makanan vair yang bisa dicerna lebih cepat misalnya susu rendah lemak atau smoothie yogurt," tambah Rick.

Tak hanya itu, ia pun mengingatkan bahwa penting untuk minum air sebelum berolahraga di pagi hari. Apalagi, beberapa jam sebelumnya, ketika seseorang tidur, cadangan air dalam tubuh berkurang dan saat bangun tidur, tubuh sangat membutuhkan cairan.

Rick menyarankan minumlah segelas susu rendah lemak yang terdiri dari protein, karbohidrat, dan cairan yang bisa diserap tubuh lebih cepat. Setidaknya, jika Anda tak ingin makan, minum segelas susu rendah lemak sudah memberi cukup energi pada tubuh.

"Lebih baik pilih susu rendah lemak karena susu jenis itu akan lebih cepat dicerna sehingga membuat kerja sistem pencernaan Anda lebih ringan," kata Rick.

Komentar