3 Bumbu Dapur yang Tidak Baik Untuk Kesehatan

Untuk menjaga kesehatan tubuh kita selalu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat sedikitnya 3 jenis bumbu dapur yang dapat membuat tubuh jadi tidak sehat? Berikut ini ketiga bumbu yang tidak baik untuk dikonsumsi tersebut.

1. Salad
Saat mengonsumsi salad kita mungkin merasa sudah mengonsumsi makanan yang sehat dan rendah kalori. Akan tetapi, terkadang salad kita dilengkapi dengan dressing yang tidak sehat. Banyak salad dressing yang mengandung pengawet, pewarna buatan, garam, dan gula. Terdapat salad dressing yang dua sendok saja sudah mengandung garam setara dengan 25% kebutuhan sodium harian kita. Jika kita suka dan ingin memakan salad, sebaiknya pilihlah dressing yang sehat seperti minyak zaitun murni.

3. Kecap Asin
Seperti namanya, kecap asin sangatlah asin dan mengandung banyak garam. Dalam satu sendok makan kecap asin terkandung 900 miligram sodium yang setara dengan 37% kebutuhan harian kita. Kecap asin juga terkadang mengandung MSG yang tidak baik untuk tubuh.

1. Kecap Manis
Kecap manis adalah campuran garam dan gula. Dalam satu takar kecap manis (9 gram) saja sudah terkandung garam yang setara dengan 4% kebutuhan sodium harian kita. Bila kita menambahkan kecap pada makanan yang sudah tinggi lemak, maka tubuh akan mendapat asupan garam yang tinggi. Kecap juga mengandung gula sehingga sebaiknya kita membatasi bumbu yang satu ini.

Jadi jika kita ingin mengonsumsi makanan yang sungguh-sungguh sehat. Hindarilah ketiga bumbu dapur yang sudah disebutkan di atas.

sumber: kompas.com


Salad akan menjadi makanan yang tidak sehat bila ditambah dengan dressing yang tidak tepat.(foto:whicdn.com)

Komentar