Anak Kecanduan Rasa Manis? Redam Dengan Cara Ini

Semua bayi lahir dengan kecenderungan untuk lebih menyukai makanan berkalori tinggi. Jenisnya bisa berupa makanan manis atau berlemak.

Untuk mencegah agar si anak kecanduan pada rasa manis, orang tua perlu merancang strategi yang tepat pada si kecil. Kecanduan gula selain mengakibatkan obesitas dan sakit gigi juga dapat menyebabkan berkembangnya penyakit diabetes. Dan berikut cara meredam kecanduan anak-anak pada makan manis seperti permen, cokelat, camilan, dan sebagainya.

Jadi Orang Tua yang Baik
Ingat, anak-anak suka sekali untuk meniru orang tua mereka. Mereka menganggap orang tua adalah role model-nya. Jadi perhatikan yang Anda makan saat berhadapan dengan anak Anda. Sebab, bisa saja itu menggoda anak Anda untuk memakan makanan yang sama dengan Anda.

Bicarakan
Meskipun orang tua telah menasihati anak untuk berhenti makan permen, bisa jadi anak Anda makan permen di tempat lain yang tidak bisa Anda duga. Oleh karena itu, bicarakan dengan si kecil secara baik-baik bahwa boleh makan makanan manis hanya beberapa saja dalam seminggu.

Berikan Penjelasan
Ajarkan anak-anak Anda tentang risiko kesehatan dari mengkonsumsi terlalu banyak gula. Ini secara bertahap mendidik buah hati Anda tentang bahayanya terlalu banyak menyantap makanan manis.

Jaga Porsi Makan
Porsi makan buah hati juga perlu dijaga. Pastikan anak Anda cukup kenyang dengan makanan utamanya, untuk menghindari mengidam camilan manis. Pelan-pelan, alihkan kebiasaannya minum yang manis-manis dengan air putih.

Jangan Menawarkan
Jangan gunakan permen atau apapun makanan yang manis-manis untuk mengiming-imingi anak Anda saat ia menangis. Saat anak Anda marah, mungkin Anda biasa menawarkan permen, tapi itu dapat menumbuhkan kebiasaan buruk untuk makan ketika anak dalam keadaan mood yang tidak baik.

sumber: metrotvnews.com

cara mengurangi kecanduan rasa manis pada anak
Sebaiknya tidak membiasakan diri menghadiahi anak dengan permen dan kue-kue. Sebab anak akan mengasosiasikan makanan manis sebagai hal positif dan baik. (foto:glitters123.com)

Komentar