Anak-anak Lebih Baik Konsumsi Buah Potong

Buah memang memiliki banyak manfaat kesehatan oleh tubuh. Tetapi, cara mengonsumsi buah juga akan memengaruhi khasiat buah untuk kesehatan tubuh Anda, apalagi untuk anak-anak.

Dokter spesialis anak, Dr. Rini Sekartini, Sp.A(K), mengatakan, konsumsi buah potong untuk anak lebih baik dibandingkan dengan buah yang dijus. Apalagi jika konsumsi buah potong diberikan kepada anak-anak yang mempunyai masalah kelebihan berat badan atau obesitas sebagai makanan selingan.

"Ketika buah dipotong ada proses mengunyah. Pada proses itu enzim pencernaan di rongga mulut bekerja dan ini penting untuk penyerapan zat berikutnya," ujar dr Rini saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (17/09/2015).

Sementara, jika buah dikonsumsi dalam bentuk jus buah, proses ini akan terlewatkan. Dalam beberapa tegukan atau sedotan saja, sari buah sudah sampai ke dalam perut. Inilah yang dinilai dr Rini menyebabkan buah potong menjadi lebih baik.

Selain memicu enzim untuk menyerap zat gizi, proses mengonsumsi buah potong juga bisa membantu perkembangan oral anak. Dengan mengonsumsi buah potong anak akan lebih sering mengunyah sehingga kemampuan berbicara menjadi meningkat.

Hal ini menjadi hal penting manakala anak mempunyai keterbatasan berbicara. "Mengunyah dapat meningkatkan kemampuan otot yang berpengaruh dengan proses bicara. Maksimal mengunyah selama 20 menit," ujar dr Rini.

Daripada membiarkan anak jajan di pinggir jalan, ada baiknya Anda membiasakan memberikan makanan selingan untuk anak Anda di rumah. Buah potong menjadi salah satu pilihannya.

Anda pun dapat berkreasi dengan buah potong agar si anak tidak bosan. Mulai dari jenis buahnya sampai cara penyajiannya.

Selain buah potong, Anda juga bisa memberikan makanan selingan pada anak sesuai dengan kebutuhan. Yang jelas porsinya harus lebih kecil dibandingkan porsi makanan utama.

Tidak hanya porsi yang harus diperhatikan, pemberian makanan selingan pun harus terjadwal. Diharapkan setiap hari, waktu memberikan makanan selingan bisa tetap.

"Makanan selingan harus mengandung zat gizi, tidak hanya kalori. Hindari makanan tinggi gula dan tinggi lemak. Untuk anak yang memiliki kalori tinggi tapi gulanya kurang, Anda bisa memberikan puding susu," kata dr. Rini.

sumber: cnnindonesia.com

anak-anak lebih baik mengkonsumsi buah potong
Konsumsi buah potong untuk anak lebih baik dibandingkan dengan buah yang dijus. Selain memicu enzim untuk menyerap zat gizi, proses mengonsumsi buah potong juga bisa membantu perkembangan oral anak. (foto:funnyjunk.com)

Komentar