Bermain di Luar Rumah Kurangi Resiko Mata Rabun

Para peneliti Cina mengatakan bermain di luar rumah selama 40 menit sehari dapat mengurangi resiko rabun jauh.

Kesimpulan yang diterbitkan di jurnal Jama ini didasarkan pada penelitian terhadap enam sekolah tingkat dasar di Cina yang murid-muridnya bermain di luar ruangan selama sedikitnya 40 menit sehari selama tiga tahun terakhir.

Secara keseluruhan terdapat 12 sekolah yang diikutsertakan dalam penelitian ini, enam sekolah meminta murid bermain di luar selama 40 menit sehari, sementara enam sekolah lainnya meminta agar para siswanya untuk tetap berada di dalam ruangan.

"Ini penting secara klinis karena anak-anak yang menderita myopia kemungkinan kondisinya akan makin parah. Menghentikan atau menunda myopia menjadi lebih parah bisa berdampak positif terhadap kesehatan mata dalam jangka panjang," ujar tim peneliti.

Temuan ini sepertinya mendukung teori bahwa anak-anak perlu menyeimbangkan antara kegiatan membaca dan aktivitas yang memerlukan pandangan jauh, yang bisa dicapai, di antaranya dengan bermain di luar rumah.

Walau menurut editor Jama temuan ini masih perlu diperkuat dengan penelitian-penelitian lain, para pakar mengatakan rabun jauh jamak ditemui di kalangan anak-anak namun penyebab pasti gangguan ini belum diketahui.

sumber: bbc.com

kurangi resiko mata rabun jauh dengan bermain di luar ruangan
Kurangi resiko mata rabun jauh dengan bermain di luar ruangan sedikitnya 40 menit sehari. Hanya di luar rumah anak-anak dapat melihat pandangan jauh. (foto:itsfunny.org)

Komentar