Hindari 5 Hal Ini Agar Diet Efektif

Banyak orang yang telah melakukan diet dan berolahraga mendapati berat badannya mengalami penurunan yang tidak banyak, dan bahkan tidak berkurang sama sekali. Padahal menurut mereka diet yang mereka jalani telah benar.

Bila diet yang kita lakukan telah benar maka seharusnya akan tampak hasilnya lewat penurunan berat badan. Dan, pada kenyataannya diet hanya akan lebih efektif bila kita memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Melewatkan Sarapan

Tidak sarapan mungkin menjadi salah satu trik Anda untuk mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi dalam sehari. Padahal, hal tersebut malah membuat Anda menjadi lebih lapar. Seseorang yang mengonsumsi sarapan secara teratur justru akan lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Terlebih ketika memiliih makanan protein dan serat tinggi sebagai menu sarapan. Hal ini membuat energi tubuh dapat terjaga hingga waktu makan siang datang.

Makanan Sehat yang Panas
Mengonsumsi makanan dalam keadaan panas memang lebih nikmat. Namun, memanaskan kembali makanan ternyata memiliki efek yang tidak baik. Makanan sehat yang dipanaskan kembali dalam microwave akan kehilangan nutrisinya hingga 60 hingga 90 persen. Paparan microwave akan menyebabkan penurunan yang signifikan pada gizi makanan, seperti penurunan bioavailabilitas vitamin B-kompleks, vitamin C, vitamin E, dan mineral penting lainnya.

Posisi Makan
Cara makan ternyata memiliki andil dari jumlah kalori yang dikonsumsi, lho. Makan sambil berdiri memang dapat menghemat waktu tetapi, menurut studi yang dilakukan oleh Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, hal ini akan membuat jumlah kalori meningkat hingga 30%. Para peneliti berteori bahwa makan sambil berdiri secara psikologis tidak dianggap seperti “makan sesungguhnya”. Sehingga, secara tidak sadar Anda akan mengonsumsi lebih banyak makanan.

Olahraga Dalam Keadaan Lapar
Berolahraga dalam keadaan lapar bukan menjadi ide yang baik untuk menurunkan berat badan, dear. Para peneliti menemukan bahwa alih-alih membakar lemak, berolahraga saat perut kosong akan membakar otot. Sedangkan, massa otot berperan penting dalam proses penurunan berat badan Anda.

Kurang Tidur
Siapa bilang berat badan hanya berhubungan dengan makanan yang dikonsumsi saja. Waktu tidur juga memiliki pengaruh pada besarnya angka timbangan Anda. Tidak mendapat istirahat yang cukup di malam hari bahkan dapat meningkatkan hormon yang berfungsi mengontrol napsu makan. Bisa ditebak, Anda menjadi lebih mudah lapar ketika kurang tidur.

sumber: cosmopolitan.co.id
jangan berolahraga dalam keadaan perut kosong
Jangan mengabaikan sarapan karena dengan mengonsumsi sarapan secara teratur justru akan lebih mudah untuk menurunkan berat badan. (foto:foundshit.com)

Komentar