Makan Ikan dapat Cegah Kenaikan Kolesterol

Menurut ahli kesehatan, untuk mencegah naiknya kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) bisa dengan cara mengonsumsi ikan secara rutin.

Seorang ahli kesehatan spesialis penyakit jantung dan kardiolog, dokter Djoko Maryono, DsPD, DsPJ, FIHA, FACC, mengatakan, masyarakat Jepang terbiasa mengonsumsi ikan sekitar 100 gram per hari. Inilah alasan, angka penderita kolesterol tinggi hanya tiga dari 1000 orang.

"Angka penderita kolesterol tinggi di Indonesia sama dengan di Amerika Serikat, yakni 25 per 1000 orang pria," kata dokter Djoko.

"Kenapa kita tidak makan ikan? Laut kita luas. Konsumsi ikan kita hanya 25 gram per hari, atau hanya satu telunjuk. Sementara Jepang 100 gram per hari," tambah dokter Djoko.

Kolesterol jahat lama kelamaan bisa menumpuk dan mengeras. Akibatnya, terjadilah penyumbatan pembuluh darah atau aterosklerosis.

"Jika terjadi aterosklerosis dan menyumbat pembuluh darah jantung, makan akan menyebabkan jantung koroner, apabila menyumbat pembuluh darah di otak, maka akan menyebabkan stroke," kata dokter Djoko.

Dokter Djoko juga mengatakan bahwa penyakit jantung koroner telah menduduki peringkat pertama kematian di Indonesia sejak tahun 2005. Penyakit ini, lebih banyak diderita masyarakat perkotaan. Salah satu penyebabnya ialah gaya hidup tak sehat. Sementara itu, angka kejadian penyakit jantung pada mereka yang berusia di bawah 50 tahun meningkat 60 persen sejak 2010.

sumber: antaranews.com

turunkan-kadar-koleterol-dengan-makan-ikan
Ikan, makanan yang amat cocok disajikan mendampingi nasi, dapat mencegah naiknya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh bila mengkonsumsinya secara rutin. (foto:pinterest.com)

Komentar