Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Memasuki bulan ketujuh, kondisi kehamilan sudah musti dipersiapkan untuk mendukung proses persalinan yang sudah semakin dekat. Persiapan ini dapat dimulai dengan mengonsumsi makanan sehat.

Pada bulan-bulan awal kehamilan hingga berakhirnya trimester kedua, ibu hamil biasanya mengonsumsi makanan-makanan yang mereka sukai. Tetapi, tidak semua makanan tersebut sehat tubuh. Kebiasaan tersebut masih bisa diubah pada trimester ketiga, sehingga ibu dan janin yang dikandungnya semakin kuat.

Makanan yang dikonsumsi ibu hamil pada trimester terakhir kehamilan ini pun tidak hanya akan berpengaruh untuk janin selama berada di dalam kandungan. Menurut para ahli, asupan yang dikonsumsi pada waktu ini juga akan memengaruhi kesehatan anak dalam jangka panjang setelah dilahirkan.

Jenis makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan

Saat kehamilan masuk usia 7 bulan, ibu hamil membutuhkan tambahan sekitar 300 kalori per hari. Sebab, pada tahap ini janin berkembang dengan sangat pesat. Meski begitu, Anda harus ingat bahwa tambahan kalori tersebut harus didapatkan dari berbagai makanan sehat, bukan dari camilan berlemak yang tinggi gula maupun garam.

Berikut ini contoh makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin.

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu sumber alami asam folat yang sangat penting untuk perkembangan bayi di dalam kandungan untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf. Selain oatmeal, roti yang terbuat dari gandum utuh serta sereal gandum yang diperkaya dengan asam folat juga baik dikonsumsi sebagai makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan.

2. Ikan dan Minyak Ikan

Perkembangan dan kecerdasan otak anak sudah mulai terbentuk sejak ia masih berada di dalam kandungan. Sehingga, ibu hamil juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak DHA yang dapat mendukung semua proses tersebut.

Mengonsumsi ikan yang berlemak seperti tuna dapat menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan DHA bagi Si Kecil. Selain itu, mengonsumsi minyak ikan secara teratur pun dapat Anda lakukan.

3. Kacang dan Biji-bijian

Kacang hitam, biji gandum, kacang almon, dan biji labu merupakan makanan yang dapat menjadi sumber magnesium. Mineral ini dibutuhkan oleh ibu hamil terutama pada bulan ketujuh kehamilan, untuk mencegah kram kaki, membuat otot menjadi rileks dan menghindarkan persalinan prematur.

4. Buah-buahan

Buah-buahan seperti labu dan aprikot bisa menjadi sumber zat besi. Sementara itu melon, anggur dan delima merupakan buah yang kaya akan vitamin K. Di sisi lain, buah jeruk dan lemon kaya akan kandungan vitamin C yang mempermudah tubuh menyerap zat besi.

Sehingga, buah-buahan sangatlah cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat ibu hamil maupun dimasukkan ke dalam menu sarapan yang lezat.

5. Susu dan Produk Olahannya

Kalsium merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan untuk ibu dan janin pada trimester ketiga. Sebab, mineral ini akan membantu menyempurnakan pembentukan sistem rangka janin dan struktur tulang yang kuat.

Susu dan produk olahannya seperti keju dan yogurt, bisa menjadi sumber kalsium alami.

6. Ayam

Ayam juga mengandung zat besi sekaligus protein, sehingga baik untuk dimasukkan dalam menu makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan.

7. Daging Merah

Selain dapat berperan sebagai sumber protein, daging merah juga mengandung zat besi yang sangat penting untuk ibu hamil. Mineral ini mampu mencegah terjadinya anemia selama masa kehamilan dan perdarahan saat persalinan. Zat besi juga akan mengurangi risiko terjadinya persalinan prematur.

8. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, dan selada merupakan sumber vitamin K. Vitamin ini sangat dibutuhkan untuk membantu proses pembekuan darah di tubuh berlangsung normal.

Ibu hamil perlu mengonsumsi cukup vitamin K agar saat melahirkan, risiko terjadinya perdarahan bisa berkurang. Vitamin K juga berperan penting dalam pembentukan tulang bayi.

Sayuran hijau juga pun menjadi sumber serat yang dapat mencegah terjadinya konstipasi dan melancarkan pencernaan.

9. Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab, asam amino yang ada di dalamnya berperan penting dalam pertumbuhan janin.

Makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan perlu diolah dengan cara yang baik agar manfaatnya bisa terjaga. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak memasaknya dengan cara digoreng, atau dibumbui dengan terlalu banyak garam maupun bumbu-bumbu lain yang dapat menambah nilai kalori makanan tersebut secara drastis.

Merebus, mengukus, dan memanggang bisa jadi pilihan cara mengolah yang lebih sehat. Untuk menambah rasa makanan sambil tetap membatasi konsumsi garam, gunakanlah rempah-rempah seperti bawang, jahe, kunyit, atau lada.

Sumber : sehat q

Komentar