Pisang, Buah Favorit Para Atlet

Selain mengandung gizi lebih tinggi dibanding buah apel, pisang juga dapat menyediakan cadangan energi dengan cepat bila dibutuhkan. Karenanya, tidak hanya masyarakat umum saja yang suka memakan pisang. Para atlet pun sangat suka pisang.

Menurut seorang ahli gizi dan nutrisi, pisang disukai para atlet karena dapat memberikan manfaat berguna bagi aktivitas mereka.

"Pisang itu easy to digest, atau mudah dicerna," kata Jansen Ongko, saat menghadiri sebuah acara di Jakarta pekan lalu.

Menurut Jansen, selain pisang mudah dicerna, buah ini juga sangat mudah dibawa kemana-mana. Karena seperti diketahui, atlet memiliki jam kerja yang padat, dan pisang lah yang menjadi pilihan mereka.

Selain itu, pisang juga memiliki kadar kalium tinggi, dan menurut Jansen hal itu dapat memberikan keuntungan bagi atlet yang kerap mengalami kram saat melakukan aktivitas mereka.

Potassium adalah zat pada tubuh manusia, jika kita memiliki kadar potassium yang rendah, maka kita akan mengalami kram otot.

Dengan mengonsumsi pisang, atlet dapat meningkatkan zat kalium pada diri mereka, dan diyakini mampu menghindari sakit seperti kram otot.

Selain itu, Jansen lebih lanjut memaparkan, bahwa pisang memiliki kadar serat yang tinggi, dan lagi-lagi, hal itu memberikan keuntungan bagi orang yang memiliki aktivitas padat, khususnya atlet.

Pisang juga kaya mineral seperti magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

sumber: cnnindonesia.com

pisang menjadi buah kesukaan para atlet
Karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat daripada gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat daripada nasi dan biskuit. Karenanya, banyak atlet saat istirahat mengonsumsi pisang sebagai cadangan energi. (foto:blogspot.com)

Komentar