Rambut Rontok? Waspadai Gangguan Jantung

Penelitian yang dilakukan di Jepang baru-baru ini mengungkapkan bahwa pria berkepala botak mengalami resiko gangguan jantung lebih besar dibanding dengan yang berambut.

Penelitian yang melibatkan 37 ribu pria berkepala botak akibat kerontokan rambut ini 32 persen lebih cenderung mengalami gangguan koroner.

Para peneliti dari Unit Diabet dan Penyakit Metabolisme, Universitas Tokyo, menganalisa enam pola kebotakan pria serta penyakit koroner dari tahun 1993 sampai 2008 di Amerika Serikat dan Eropa.

"Temuan ini menunjukkan kebotakan bagian tengah terkait dengan sistem koroner dibandingkan dengan kebotakan bagian belakang," menurut penelitian itu seperti dikutip dari situs BBC.

"Risiko kardiovaskular harus diperhatikan dengan seksama oleh pria dengan kebotakan kepala bagian tengah, khususnya pria muda, karena mereka harus memperhatikan resiko jantung."

Penelitian itu juga menyebutkan 30 persen hingga 40 persen pria dewasa mengalami kebotakan dan meningkat menjadi 80% pada usia 80 tahun.

Namun kaitan langsung antara kebotakan dan jantung tidak disebutkan namun para peneliti mengatakan faktor utama penyebab gangguan jantung adalah merokok dan obesitas.

Yayasan Jantung Inggris mengatakan para pria harus lebih memperhatikan cara menjaga berat badan dan bukannya kebotakan.

kepala botak
37 ribu pria berkepala botak akibat kerontokan rambut 32 persen lebih cenderung mengalami gangguan koroner. (foto:timeout.com)

Komentar