Berapa Banyak Air Yang Harus Diminum Setiap Hari?

Hingga kini masyarakat menggangap bahwa dalam sehari kita memerlukan 1,9 liter air putih. Namun, kenyataannya, menurut para peneliti, berapa banyak jumlah air yang harus kita minum berbeda-beda.

Seorang ahli kesehatan dan kebugaran, Robert Huggins, PhD, ATC, mengatakan Jenis kelamin, kondisi lingkungan, aktivitas, serta pola makan menjadi faktor pengukur tingkat kebutuhan air minum yang diperlukan setiap hari.

Saat akan mulai berolahraga, kata Huggins, yang sekarang menjabat sebagai wakil Research and Elite Athlete Health and Performance, kita melakukan penimbangan bert badan terlebih dhulu dan menghindari minum. Dan saat terasa dahaga kita minum dengan mengukur jumlah air yang kita minum.

Setelah seleai olahraga, lanjut Huggins dilansir Fox News, Sabtu (26/09/2015), kita menimbang berat badan kita. Hasil timbang badan itu dikurangi hasil timbang badan saat akan memulai olahraga. Dari situ akan terlihat berapa kebutuhan air yang kita perlukan selama melakukan olahraga. Bila jumlah berat badan setelah olahraga lebih rendah dibanding sebelum berolahraga berarti jumlah air yang kita minum selama olahraga adalah kurang.

Huggins memperkirakan bahwa kebanyakan orang kehilangan antara 1 sampai 2 liter keringat untuk setiap jam latihan intensitas sedang. Adalah lebih baik mengukur tingkat kebutuhan air karena kelebihan air juga berakibat buruk.

Sebuah laporan konsensus dalam British Journal of Sports Medicine mengungkapkan bahwa banyak atlet beresiko saat latihan terkait hiponatremia, yang merupakan ketidakseimbangan elektrolit yang dapat disebabkan oleh minum terlalu banyak cairan. Hal ini dapat menyebabkan mual dan muntah, sakit kepala, kelelahan, dan dalam kasus-kasus serius, koma dan bahkan kematian.

Tamara Hew-Butler, PhD, peneliti kebugaran dari universitas Oakland, Michigan, AS, mengatakan atlet yang kelebihan minum saat olahraga seperti lari marathon amat berbahaya.

Jadi, menurut Tamara, tidak ada takaran secara umum karena semua kondisi dinamis dan berubah. Dan metode terbaik untuk menjaga tubuh agar tidak kelebihan maupun kekurangan air adalah dngan mengetahui kondisi tubuh Anda.

berapa banyak air putih yang harus diminum dalam sehari
Untuk mengukur seberapa banyak air putih yang harus Anda minum setiap hari, kita hanya perlu melakukan percobaan kecil pada diri sendiri lewat olahraga. (foto:foundshit.com)

Komentar