Ciri-ciri Lingkungan Rumah Sehat

Rumah adalah salah satu kebutuhan terpenting dalam hidup manusia. Selain sebagai tempat tinggal, rumah juga merupakan tempat kita berlindung dari panasnya mentari dan dinginnya guyuran air hujan.

Bila diteliti lebih jauh maka rumah bukan saja hanya sebagai tempat tinggal dan tempat kita berlindung, namun sebuah rumah bisa menjadi tempat kita memperoleh kesehatan yang baik.

Lingkungan di dalam dan di sekitar rumah memang amat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Bila lingkungan rumah tidak sehat maka secara otomatis penghuninya juga tidak dapat hidup sehat.

Untuk mengetahui apakah rumah yang kita naungi termasuk rumah yang sehat perhatikanlah beberapa cirri-ciri lingkungan rumah sehat berikut ini:

1. Udara
Lingkungan rumah yang sehat memiliki udara yang segar, bersih, dan tidak berbau tak sedap. Ini berarti rumah tidak boleh dekat dengan tumpukan sampah dan tempat sampah di dalam rumah selalu tertutup.

Agar kebutuhan oksigen mencukupi maka rumah harus memiliki ventilasi yang cukup. Ventilasi juga berguna untuk mengganti udara yang kotor dan pengap dengan udara yang bersih.

2. Air Bersih
Rumah yang sehat harus memiliki sumber air bersih. Meminum dan mandi dengan air bersih disamping menyegarkan juga sangat menyehatkan.

3. Saluran Air
Jangan membuang sampah dalam saluran pembuangan air kotor agar saluran air kotor dapat mengalir dengan lancar. Bila air kotor menumpuk di saluran pembuangan air kotor dan parit akibat tersumbat sampah maka akan menjadi tempat tinggal bakteri-bakteri dan hewan-hewan penyebab penyakit.

4. Rapi dan Asri
Jangan menempatkan barang-barang secara berlebihan di dalam rumah, terutama barang-barang yang jarang apalagi yang tidak terpakai.

Jangan juga menempatkan tempat penampung kotoran atau septic tank berdekatan dengan tempat atau saluran air bersih. Begitu juga dengan tempat penyimpanan makanan tidak berdekatan dengan tempat sampah.

Sediakan sedikit bagian dari halaman rumah untuk ditanami tanaman yang rindang. Tumbuhan hijau dapat menyegarkan udara.

rumah sehat
Bila lingkungan rumah tidak sehat maka secara otomatis penghuninya juga tidak dapat hidup sehat. (foto:bajiroo.com)

Komentar