Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Mangga

Buah mangga (Mangifera indica) adalah salah satu buah yang banyak penggemarnya. Buah mangga yang matang umumnya dimakan dalam keadaan segar, sebagai buah meja atau campuran es, dalam bentuk irisan atau dijadikan jus. Buah yang masih muda lebih sering dirujak, atau dijajakan di tepi jalan setelah dikupas, dibelah-belah dan dilengkapi bumbu garam dengan cabai.

Sering juga kita jumpai mangga yang diolah sebagai manisan, irisan buah kering, dikalengkan dan lain-lain. Di pelbagai daerah di Indonesia, mangga (tua maupun muda) yang masam kerap dijadikan campuran sambal atau masakan ikan dan daging.

Selain rasanya yang enak, ternyata buah yang berasal dari India ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Dengan kandungan yang kaya vitamin dan mineral, mangga melindungi tubuh kita dari serangan bermacam penyakit. Berikut ini beberapa manfaat dari mangga ;

-Membersihkan Kulit
Mengkonsumsi mangga tidak dapat menyebabkan jerawat, malahan sebaliknya, mangga yang kaya vitamin E mampu membersihkan pori-pori tersumbat dan menghilangkan jerawat. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu meningkatkan seksualitas karena vitamin ini mengatur hormon seks dan meningkatkan libido. -Menurunkan Kolesterol Mangga kaya akan prebiotik. Kandungan serat, pektin, dan vitamin C membantu untuk menurunkan kadar kolesterol, khususnya kolesterol jahat (Low-Density Lipoprotein /LDL).

-Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Selain vitamin C dan vitamin E, mangga juga mengandung Vitamin B6 (pyridoxine). Vitamin-vitamin itu membantu tubuh menjadi resistan terhadap infeksi dan menghilangkan oksigen radikal bebas yang berbahaya.

-Menjaga Kesehatan Mata
Buah Mangga adalah sumber vitamin A dan flavonoid seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Kandungan vitamin A dalam mangga mencegah rabun senja, dan mata kering. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan selaput lendir dan kulit.

-Mencegah Stroke
Mangga juga mengontrol tingkat homocystiene dalam darah, yang dinyatakan dapat membahayakan pembuluh darah yang mengakibatkan stroke. Mangga merupakan buah yang sangat kaya kalium, yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

-Memperlancar Pencernaan
Mangga mengandung enzim untuk menghancurkan protein. Serat dalam mangga juga membantu pencernaan dan eliminasi asam.

-Mencegah Diabetes
Mangga adalah buah dengan kadar gula alami yang tinggi (31 gram gula dalam sebuah mangga), namun peningkatan gula darah (indeks glikemik/IG) rendah, yang berarti tidak mempengaruhi gula darah.

-Mencegah Kanker
Senyawa anti-oksidan dalam mangga mampu melindungi kita dari kanker payudara, kanker kolon (usus besar), kanker prostat, dan kanker darah (leukemia).

kuat dan sehat
Selain membuat tubuh lebih kuat menghadapi serangan penyakit, buah mangga juga membuat mata lebih sehat.(foto:dailymail.co.uk)

Komentar