Manfaat Tidur Tanpa Berpakaian

Seseorang menghabiskan rata-rata 8 jam sehari untuk tidur. Tentu saja tidur bukan saja karena kecapaian atau kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Dan tidur juga amat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Dalam berbagai riset telah mendapati bahwa tidur tanpa menggenangkan pakaian juga menjadi salah satu faktor menjadikan kegiatan tidur menjadi bermanfaat untuk kesehatan. Namun, sayangnya masih jarang orang yang tidur tanpa busana.

Tidur tanpa busana juga akan terasa lebih nyaman karenanya akan membuat seseorang lebih mudah menghindari stres.

Menurut survei terbaru dari National Sleep Foundation, hanya sekitar 12% masyarakat Amerika melakukan kebiasaan tidur tanpa mengenangkan pakaian. Padahal bagi wanita yang tidur menggunakan bra berisiko kanker payudara. Sementara bagi pria tidur mengenangkan celana dalam rentan terhadap infeksi pada alat kelamin.

Berikut ini beberapa manfaat sehat tidur tanpa berpakaian seperti dilansir metrotvnews.com.

Kualitas Tidur
Menurut Christopher Winter, M.D, tubuh mengalami penurunan suhu paa saat tertidur, dan pakaian apat mengganggu fluktuasi ini. Oleh karena itulah sebabnya Anda kerap berkeringat saat tengah malam. Tidak memakai baju memungkinkan suhu tubuh mengalir tanpa gangguan sehingga tidur jauh lebih nyenyak dan lebih berkualitas.

Melancarkan Metabolisme
Menurut sebuah penelitian jurnal Diabetes 2014, tidur dengan posisi suhu dingin dapat membantu melancarkan metabolisme. Dan, tidur tanpa busana ternyata juga memiliki efek yang sama seperti tidur paa suhu dingin dalam melancarkan metabolisme.

Melindungi Testis
Tidur mengenakan pakaian memungkinkan bagian intim pria rentan terhadap infeksi dan suhu panas akan memancarkan kelembapan sehingga bakteri berkembang biak dengan cepat. Jadi, bila ingin organ intim Anda tetap sehat.

Kualitas Sperma
Skrotum pria perlu suhu yang tepat untuk mengoptimalkan produksi sperma. Saat testis terlalu hangat maka kualitas sperma juga akan terpengaruhi, menurut studi Finlandia. Bahkan, tidur dengan mengnangkan baju ketat juga dapat menaikan suhu daerah kelamin Anda. Oleh karena itu, tidur tanpa pakaian akan membuat pria menjadi lebih subur.

Lebih Harmonis
Kontak kulit dengan kulit (alias tidur tanpa busana) memicu pelepasan hormon oksitosin dalam otak. Para ilmuwan menemukan bahwa ini akan mengurangi stres dan membuat hubungan suami isteri bisa lebih intim.

manfaat tidur tanpa berpakaian
Manfaat dari tidur tanpa berpakaian dapat diraakan baik oleh kaum pria maupun wanita, terutama yang sudah menikah, akan merasakan lebih dekat dengan pasangannya. (foto:funny-base.com)

Komentar